Gruppled Pointer

Thursday, April 25, 2013

Ck! Nulis lagi, tapi...

Akhirnya kecanggihan zaman secara nyata udah bisa saya rasakan sampe ke perkuliahan juga. Contohnya untuk mata kuliah Psikologi Pendidikan, dimana dosennya meminta kami para mahasiswanya untuk membuat blog yang akan diisi oleh semua tugas selama perkuliahan Psikologi Pendidikan. Ngedengernya,”Aduh, ngarang lagi..ck!”
Memang sebelumnya saya hobi buat blog. Ya tapi cuma buatnya aja, ga pernah diisi. Kalo ga salah udah ada 6 blog yang pernah saya buat (termasuk yang ini), tapi malas ngisinyaaa.. Tapi ya gitu, ini kan tugas, ya mau gimana lagi, TERPAKSA ngisi la.
Setelah postingan pertama mengenai tugas juga, saya vakum selama beberapa minggu, dan akhirnya saya terdorong untuk nulis lagi. Emang awalnya terdorong karena tugas, tapi setelah dipikir-pikir, saya cari-cari sisi positifnya, ternyata ada maksud tersendiri dosen ngasi kami sistem begini (buat blog) untuk mata kuliah itu. Nah, adapun sisi positif secara umum yang saya dapatkan dari sistem ini adalah:
1.      Sarana berlatih menulis
Kemarin ada liat blog lain, katanya (dan menurut saya juga) membuat blog itu bisa mendorong kita untuk menulis. Tulisan yang dipost ga harus formal. Kalau yang saya dapatkan itu dengan membuat blog kita dapat berlatih untuk menuangkan ide dan pikiran kita ke dalam bentuk tulisan dengan kata-kata yang mudah dipahami orang lain. Apalagi buat yang kuliah S1, ujung-ujungnya nanti bakal buat skripsi, nah pasti kalau sudah biasa menulis ntar sedikit banyaknya terbantu dalam pemilihan bahasa dalam menyusun skripsinya.
2.      Mendorong kreatifitas
Berdasarkan yang saya alami, kalo udah punya blog itu jadi serasa ada tanggung jawab lain, jadi ada dorongan untuk berpikir dan membuat tulisan baru. Nah dengan dorongan itu secara tidak langsung mengembangkan kreatifitas saya dalam berpikir, menghasilkan ide, dan menemukan topik baru suatu tulisan.
3.      Hilangin bosan
Writing is fun! Cuma itu sih intinya.
4.      Nambah penghasilan
Kalo yang hobi buat online shop bisa promosiin link shopnya di blognya, ato langsung skalian jualan di blognya.. mungkin..

Jadi sedikit banyaknya itulah manfaat yang saya dapatkan dari sistem yang digunakan dosen kami (nulis blog). Sebenarnya masih banyak sih manfaatnya, tapi kira-kira itulah secara umum.. Semoga sisi positif di atas tu bisa saya dkk dapatkan J

0 comments:

Post a Comment

newer post Home